How To Create a Bootable Flashdisk

Cara Membuat Flashdisk Bootable Dengan Rufus Untuk Install Windows

usbwin-2

Untuk mengintall windows menggunakan flashdsik anda harus mempunyai flashdisk to-create-flashdisk-bootable-75bootable yaitu flashdisk yang berisi file windows yang digunakan untuk booting pertama kali ketika installasi windows. Salah satu cara untuk membuat flashdisk bootable adalah menggunakan rufus. Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll

Rufus juga memiliki opsi FreeDOS, sehingga kita dapat menggunakannya untuk booting komputer dalam modus DOS (Disk Operating System). Modus DOS sangat bermanfaat terutama dalam melakukan proses upgrade BIOS yang membutuhkan DOS command prompt. Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, aplikasi Rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenis seperti WiNToBootic v1.2, RMPrepUSB v2.1.638, UNetbootin v1.1.1.1, Universal USB Installer v1.8.7.5 atau Windows 7 USB/DVD Download Tool v1.0.30 ketika melakukan pembuatan USB bootable untuk Windows 7 x64 menggunakan komputer prosesor Core 2 Duo, memori 4 GB, dan USB 3.0 controller serta 16 GB USB 3.0 ADATA S102 flash drive serta sistem operasi Windows 7 x64.

Rufus mendukung pembuatan bootable USB untuk banyak sistem operasi, antara lain Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, LiveXP, Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE[/link], Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2 or later), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan yang lainnya.

Beberapa kegunaan software utility Rufus :

  • Membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll )
  • Membantu anda yang perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
  • Membantu anda yang perlu flash BIOS atau firmware lain dari DOSAnda ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah

Meskipun ukurannya kecil, Rufus menyediakan semua fasilitas yang Anda butuhkan. Rufus dapat bekerja dengan sangat cepat. Sebagai contoh, Rufus sekitar dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari berkas ISO. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat flashdisk bootable menggunakan software utility Rufus yang diperuntukan untuk instalasi windows menggunakan flashdisk:

Memformat Flashdisk Dengan Model FAT32 (Default)

1. Buka explorer kemudian pilih flashdisk yang akan diformat
2. Klik kanan pada flashdisk kemudian pilih format

format-flashdisk-1

Keterngan:

  1. Capacity : pilih flashdisk yang akan diformat
  2. File system : pilih FAT32 (Default)
  3. Pilih statr untuk mulai format

3. Setelah pilih start kemudian akan ada WARNING silahkan pilih OK

format-flashdisk-2

 4. Format flashdisk selesai

Membuat Flashdisk Bootable Dengan Rufus

1. Pertama Download software terupdate dari rufus di : rufus.akeo.ie
2. Pastikan flashdisk yang telah diformat sudah terpasang di komputer

3. Jalankan software yang didownload dengan klik 2 kali

rufus-1

Keterngan:

  1. pilih flashdisk yang akan digunakan untuk flashdisk bootable
  2. pilih NTFS
  3. pilih file iso windows

4. Untuk membuka file iso caranya  klik pada gambar seperti CD di  nomor 3 pada langkah no 3 dan cari file ISO kemudian pilih Open

rufus-2
5. Setelh file ISO dipilih silahkan klik “start” 
rufus-3
6. Selanjutnya akan muncul WARNING atau peringantan seperti dibawah ini:
rufus-4
7. Klik “OK” kemudian Silahkan tunggu proses hingga selesai dan mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama
rufus-5
8. Jika sudah tampak seperti gambar seperti di bawah ini, berarti proses sudah selesai, silahkan tekan tombol “close” untuk mengakhiri
rufus-6
9. Untuk membuktikan bahwa flashdisk sudah sukses alias sudah terisi dengan file bootable anda bisa membuka folder yang ada di flashdisk, kira-kira isi yang ada di dalam folder tersebut terlihat seperti gambar di bawah ini.
rufus-7
Setelah proses membuat flashdisk bootable menggunakan rufus maka flashdisk akan terisi dengan bootable windows yang sudah langsung bisa digunakan untuk menginstall windows laptop atau PC anda, dan jangan lupa ganti first boot nya di settingan bios komputer dengan removable disk dan nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk tersebut dan cara penginstalan nya pun sama dengan menginstal menggunakan DVD.

Demikian, dan selamat mencoba.


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s